STRATEGI MEMBINA KELAS
OLIMPIADE MATEMATIKA
Ò TUJUAN
Ò Menyediakan sarana bagi
anak yang berbakat dalam bidang
matematika untuk mengembangkan kemampuan secara optimal
Ò Melatih siswa untuk
berkompetisi
Ò Memotivasi guru untuk
terus meningkatkan kemampuan dalam bidang matematika
Ò TUGAS GURU
ÒTugas Guru pada kelas
Olimpiade
Ò Menjaring siswa yang
berpotensi yang akan dibina
Ò Membentuk tim olimpiade
sekolah
ÒMembuat jadwal dan
anggaran pembinaan
Ò Melakukan pembinaan
secara kontinyu
Ò Aktif menambah wawasan
keilmuan matematika
Ò Melakukan sharing
dengan sekolah-sekolah yang berhasil dalam olimpiade
Ò Sering mengikutkan anak
kelas olimpiade untuk mengikuti olimpiade
Ò Menjalin kerja sama
dengan pihak orang tua, komite sekolah, dan para pakar instansi terkait
(perguruan tinggi)
ÒCara Mengajar di kelas
olimpiade
Ò Harus mempunyai sikap
positip dan terbuka
Ò Sebaiknya memposisikan
diri sebagai pembina/pelatih, jangan bertindak sebagai guru.
Ò Harus dapat memberikan
masukan dan umpan balik ke siswa
ÒHarus mampu
mendorong siswa untuk aktif
mencari materi sendiri dari berbagai sumber (internet, buku dll)
Ò Mammpu mendorong
terjadinya diskusi antara siswa dan
pembina mengenai materi yang sedang dibahas
ÒMATERI YANG DIAJARKAN
Ò Tidak langsung
memberikan soal sulit yang membuat siswa stress
Ò Dimulai dari
pengetahuan yang dimiliki siswa sesuai kurikulum
Ò Lebih menekankan pada
pemahaman konsep yang menjadi dasar untuk menemukan pengetahuan yang baru
Ò Diberikan secara
berjenjang
ÒMODEL - MODEL PEMBINAAN
1. Siswa diberikan paket
soal kemudian diberikan waktu ± 1 jam untuk mengerjakan kemudian baru dibahas
2. Sisswa diberikan
masalah, kemudian mereka dibimbing secara satu persatu dalam mengerjakan, yang
cepat selesai akan segera mendapat tambahan soal
3. Siswa diajari dulu
materi pengantar, kemudian mereka diberi soal.
0 komentar:
Posting Komentar