Kamis, 27 September 2012

Edukasi

Posted by Hari Pendidikan Nasional 2020 10.44, under | No comments

Anak yang terbiasa bermain dengan gadget
mengalami kesulitan membaca dan menganalisa
 

Tingkatkan Kreativitas Anak Tak Harus dengan "Gadget"

  Merangsang kreativitas anak memang perlu dilakukan sedini mungkin. Caranya banyak, bisa melalui kegiatan kecil atau terjun langsung pada kegiatan di alam terbuka. Memanfaatkan alat bantu khusus atau dengan perangkat seadanya yang banyak tersedia di sekitar.

Era teknologi yang semakin canggih melahirkan banyak perangkat elektronik yang dapat menjadi alat bantu mengasah kreativitas anak. Gadget adalah barang elektronik berukuran kecil yang didesain secara lebih pintar dibandingkan dengan teknologi normal pada masa penemuannya.

Tak pelak, banyak anak-anak yang keranjingan bermain gadget. Umumnya, anak-anak menggunakan fitur tertentu dalam gadget untuk bermain game, baik online maupun offline. Yang pasti, bila tak dikontrol dengan aturan yang pas, dampak negatif akan lahir dari penggunaannya.

Sebut saja waktu yang dihabiskan seorang anak untuk bermain gadget. Berapa lama dia bermain gadget setiap harinya, setiap bulannya, setiap tahunnya. Tanpa kontrol yang ketat, candu bermain gadget akan semakin melilit anak-anak dan bukan tidak mungkin hal itu akan mengganggu performa akademisnya atau menimbulkan efek psikologis yang jauh lebih berbahaya.

Tokoh anak-anak Phil Gallagher mengatakan, untuk merangsang kreativitas anak-anak sebaiknya tidak menggunakan barang-barang yang masuk dalam kategori teknologi canggih. Para orangtua dapat menyiasatinya dengan alat atau barang seadanya yang lebih sesuai dan secara biaya juga jauh lebih ekonomis.

Baginya, media bermain untuk anak-anak, apa pun tujuannya harus disajikan dengan seimbang dan kontrol serius dari para orangtua. Seimbang secara psikologis, secara waktu penggunaannya, dan seimbang dengan hasilnya.

"Tidak harus menggunakan alat teknologi canggih, banyak benda di sekitar yang jauh lebih murah. Karena yang penting semua harus seimbang," kata pria yang lebih dikenal dengan nama Mister Maker ini, saat ditemui Kompas.com di Jakarta, Jumat (31/8/2012) malam.

Pria asli Inggris ini telah tiga kali mengunjungi anak-anak di Indonesia. Kali ini, dia berencana mengunjungi anak-anak di usia tiga sampai delapan tahun di tiga kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, dan Medan. Selama di Indonesia, dia akan menghadiri lokakarya seni dan kerajinan untuk anak-anak, serta mengunjungi sekolah-sekolah. Setelah Indonesia, dia akan melanjutkan turnya ke Kuala Lumpur dan Singapura. Mister Maker adalah acara yang menghidupkan dunia seni untuk anak dengan cara yang modern, segar, dan inovatif. 

Sumber : Kompas.com

Kesehatan

Posted by Hari Pendidikan Nasional 2020 05.46, under | No comments



Nasi yang baru matang jangan langsung ditutup.


Mengungkap Kandungan Arsenik dalam Nasi

 -  Nasi merupakan makanan pokok bagi masyarakat di banyak negara. Namun tahukah Anda, jika nasi yang dikonsumsi setiap hari ternyata berpotensi mengandung arsenik yakni zat racun yang sangat membahayakan tubuh.
Para ahli selama ini mengetahui beras sebagai sumber utama dari diet arsenik. Namun, hasil studi terbaru Consumer Report di Amerika menemukan arsenik dalam berbagai jenis produk beras. Mendorong Food and Drug Administration (FDA) untuk segera menetapkan batas level aman kandungan arsenik dalam beras. FDA menemukan arsenik melebihi batas level lebih dari 60 produk padi.
Yang menarik perhatian, arsenik yang terkandung dalam beras ini bukanlah karena hasil kimiawi racun yang dihasilkan oleh pabrik, melainkan dari proses alamiah yang menyebabkan elemen racun tersebut terakumulasi mulai saat beras tersebut ditanam dan tumbuh. Lalu bagaimana arsenik, unsur beracun yang kerap digunakan untuk membunuh lawan politik di Abad Pertengahan, dapat terkandung di dalam beras?
Racun bisa berasal dari buatan manusia dan sumber sintetis. Arsenik merupakan metaloid mengilap abu-abu dalam bentuk elemen yang terjadi secara alami di kerak bumi. Kemudian membuat jalan sendiri menuju dalam tanah dan mengkontaminasi persediaan air tanah melalui proses pelapukan.
Arsenik merupakan elemen yang ditemukan di alam dan pada produk buatan manusia termasuk pestisida. Arsenik level rendah ditemukan di tanah, air dan udara. Unsur ini diambil oleh tanaman saat mereka tumbuh, dari sinilah awal mula jalan masuk arsenik ke dalam tubuh melalui makanan yang kita konsumsi.
Unsur ini dapat mengubah sistem kerja komunikasi dalam sel dan mengurangi kemampuan kerja dalam tubuh. Pada akhirnya berakibat berbagai penyakit dalam tubuh seperti diabetes, penyakit pembuluh darah dan paru-paru, kanker kulit, kanker kandung kemih dan jantung.
Arsenik dapat terkandung dalam sayuran, biji-bijian, buah-buahan dan makanan laut. Menurut FDA, beras merupakan bahan makanan yang mengandung tingkat arsenik paling tinggi, lalu disusul sayuran.
Namun, elemen ini juga memiliki kegunaan bagi industri misalnya digunakan untuk pembuatan pestisida dan pengawet kayu. Environmental Protection Agency (EPA) menyatakan arsenik anorganik dapat bertahan di dalam tanah selama lebih dari 45 tahun.
Di AS pada beberapa negara bagian seperti Louisiana, Mississippi, Missouri, dan Texas ditemukan kenaikan tingkat kandungan arsenik dalam beras. Hal ini dimungkinkan karena daerah tersebut memiliki sejarah panjang sebagai tempat budi daya kapas, di mana industri ini menggunakan insektisida secara luas.
Zat tersebut terserap ke dalam tanah, akibatnya dalam beberapa dekade tanah tersebut mengandung unsur arsenik. Hal lain yang mungkin menyebabkan kandungan arsenik dalam lahan pertanian yaitu pupuk yang berasal dari kotoran ayam yang mana pakan mereka mengandung arsenik.
FDA yang melakukan survei mengenai kandungan arsenik dalam beras belum memiliki informasi yang cukup untuk merekomendasikan konsumen mengubah konsumsi beras mereka. Tapi baik FDA dan Consumer Report menyarankan agar konsumen lebih variatif dalam mengonsumsi asupan makanan dan tak hanya tergantung pada beras saja. 


Sumber  :  KOMPAS.com

Selasa, 25 September 2012

Misteri Seputar Planet Mars

Posted by Hari Pendidikan Nasional 2020 13.08, under | No comments

 Planet Mars
 
Misteri Seputar Planet Mars - Selamat datang di blog saya Berita Tetangga dimana anda bisa menamukan artikel semua tentang Indonesia dan semua topik termasuk Misteri Seputar Planet Mars. Blog ini hanyalah catatan dari sebuah blog tetangga, pemikiran saya sendiri dan kali ini saya mengangkat topik tentang Misteri Seputar Planet Mars, untuk mendapatkan lebih banyak lagi informasi untuk artikel dengan topik yang terkait dengan Misteri Seputar Planet Mars anda bisa kembali mencari melalui google, posting kali ini kita akan lebih memahami Misteri Seputar Planet Mars melalui Berita Tetangga

[ Space Disewakan Hubungi ardigreget[at].com ]

Misteri Seputar Planet Mars - Planet Mars disebut sebagai "bintang api" oleh astronomer Cina kuno yang sedang membahas misteri seputar planet Mars dan masih mengandung banyak misteri hingga sekarang. Berikut ada tujuh hal yang hingga saat ini masih dipertanyakan oleh banyak astronomer modern yang membicarakan misteri seputar planet Mars.
 
  1. Apakah Mars mempunyai dua sisi?
Ilmuwan masih bingung apakah planet ini memiliki dua sisi yang berbeda. Belahan utara planet tersebut mempunyai kontour yang lembut dan rendah. Bagian dataran di planet tersebut diperkirakan mempunyai aliran air. Sedangkan untuk belahan selatan planet tersebut mempunyai karakteristik daratan yang kasar dan penuh dengan kawah dengan ukuran 4 km-8 km.

2. Darimanakah Methana di Mars berasal?
Elemen Metana merupakan salah satu molekul organik paling sederhana yang pertama di temukan oleh Badan Antariksa Eropa pada 2003. Di Bumi, Metana yang ada di atmosfer datang dari kotoran binatang di peternakan. Metana di atmosfer Mars diperkirakan stabil dalam waktu 300 tahun. Akan tetapi, masih banyak faktor yang dapat memproduksi metana, seperti aktivitas vulkanik.
Badan Antariksa Eropa lewat pesawatnya ExoMars yang akan diluncurkan pada 2016 akan dikirim kesana untuk mempelajari komposisi kimia di Mars untuk mendapat informasi lebih mendalam mengenai kadar metana.

3. Apa ada laut di Mars?
Beberapa misi eksplorasi Mars berusaha mencari tahu apakah planet tersebut mempunyai aliran air yang nantinya bisa mendukung kehidupan. Lewat penelitiaan yang dilakukan, banyak ditemukan struktur yang menyerupai delta dan laut.

Selain itu, penelitian tentang temperatur dari udara menyatakan bahwa intentitas sinar matahari sangatlah rendah. Akan tetapi, ini cukup untuk bisa menghangatkan air yang ada di sana.

4. Apakah air mengalir di dataran Mars?
Walaupun ilmuwan sudah menemui sejumlah bukti keberadaan air, tetapi hal ini masih sebuah asumsi. Tekanan atmosfer di planet tersebut sangatlah rendah agar air bisa bertahan di sana. Tetapi, kanal yang ada di sana dipercaya menjadi tempat di mana air mengalir saat musim semi.

5. Adakah kehidupan di Mars?
Pesawat yang pertama mendarat di sana, Viking 1 mendapatkan bukti nyata seperti molekul organik, layaknya methyl chloride dan dichloromethane. Akan tetapi, kedua elemen tersebut dipercaya bukan berasal dari planet tersebut, melainkan dari pesawat Viking 1. Dataran Mars sangat sulit untuk dijadikan tempat tinggal karena dingin dan tingkat radiasi yang tinggi.

6. Apakah kehidupan di bumi dimulai dari Mars?
Meteor yang ditemukan oleh ilmuwan di Antartika disinyalir datang dari Planet Mars. Hipotesa yang mengatakan bahwa beberapa elemen kimia yang dibawa oleh meteor tersebut memungkinkan adanya kehidupan bumi sekarang. Akan tetapi, semua itu hanya dapat dijelaskan lewat pernyataan yang masih menjadi perdebatan panas.

7. Mungkinkah manusia hidup di Mars?
Untuk menjawab pertanyaan ini, seharusnya manusia dikirim ke sana untuk melihat kemungkinan tersebut. Rencana NASA untuk melakukan misi ini pada 1969 sempat mendapat hambatan pada isu teknologi. Hal lain seperti makanan dan tingkatan radiasi menjadi faktor hambatan lainnya. (yahoonews/MEL).

Sekian untuk berita Misteri Seputar Planet Mars yang bisa disajikan oleh Berita Tetangga.

16 Tujuan Wisata Indonesia

Posted by Hari Pendidikan Nasional 2020 12.46, under | No comments

InterContinental Bali Resort
 
 
Indonesia Promosikan 16 Tujuan Wisata di Korsel
Pada 2011, Indonesia menerima 296.060 wisatawan dari Korea Selatan.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu, mempromosikan 16 destinasi pariwisata di Indonesia dalam kunjungan kerjanya ke Korea Selatan.

"Kami mempromosikan 16 destinasi pariwisata Indonesia yang menjadi prioritas pengembangan dalam kunjungan ke Busan Indonesia Center," kata Mari Pangestu dalam keterangan persnya yang diterima di Jakarta, Senin.

Dalam rangkaian kunjungannya ke Jepang, Shanghai dan Korea, Menparekraf Mari Elka Pangestu menyempatkan berkunjung ke Busan Indonesia Center (BIC) untuk bertemu para pengusaha, pendidik, pemerintah daerah dan perwakilan VITO Indonesia di Busan.

Ia berupaya untuk mempromosikan daya tarik wisata Indonesia di setiap negara yang dikunjunginya.

"Salah satu yang dipromosikan adalah Danau Toba di Sumatera Utara, danau vulkanik terbesar di Indonesia dengan Pulau Samosir di tengahnya," katanya.

"Kami juga promosikan Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur yang menjadi rumah bagi kadal prasejarah satu-satunya yang masih hidup, komodo (Varanus Komodoensis). Taman Nasional Komodo tidak hanya terkenal dengan komodonya, tetapi juga panorama bawah air dan pantai berpasir pink," tambahnya.

Mari Pangestu menambahkan, Korea Selatan merupakan salah satu negara target Indonesia yang menunjukkan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan dari tahun ke tahun.

Pada 2011 Indonesia menerima 296.060 wisatawan dari Korea Selatan dan pada tahun berikutnya jumlah ini diharapkan meningkat signifikan.

"Korea adalah penyumbang wisman ke Indonesia terbesar ke tujuh. Untuk 2012, Indonesia menetapkan target 320.000 wisatawan dari Korea Selatan," katanya.

Sebagai kota terbesar kedua di negara tersebut, Busan dengan populasi sebanyak 15 juta menjadi lokasi yang penting untuk promosi Indonesia.

Hal ini didukung dengan adanya Busan Indonesia Center yang terletak di Busan Utara yang meliputi Visit Indonesia Tourism Office, Garuda Office and Counsellor Office di satu kawasan terpadu.

Sebagian besar wisatawan Korea Selatan memilih Bali, Jakarta, Batam, Surabaya dan Medan sebagai tujuan wisata mereka.


Sumber : Antara

Bali-Komodo, Penjelajahan Awal dari Peradaban Baru

Posted by Hari Pendidikan Nasional 2020 12.28, under | No comments

KOMPAS/SIWI YUNITA CAHYANINGRUM 

 Peserta Kompas Bali Bike Lintasi Jembatan Bangkung, yang merupakan jembatan terpanjang di Bali, 
Minggu (16/9/2012).


LABUAN BAJO, KOMPAS.com — Perjalanan sejauh 620 kilometer menjelajahi lima pulau mulai dari Bali hingga Flores, Senin (24/9/2012), akhirnya berakhir di Pulau Komodo.

Perjalanan berat bersepeda selama 
enam hari sedikit banyak memberi 
gambaran tentang beragam kekayaan 
dan persoalan di Indonesia Timur.

Setelah melawan cuaca panas, angin, dan tanjakan, peserta Jelajah Sepeda Kompas Bali-Komodo juga menemukan keramahan dan kekayaan alam dan budaya di sepanjang perjalanan. Kelelahan yang mereka rasakan selama tujuh hari terbayar seketika.
Tim Jelajah Sepeda Kompas Bali-Komodo mengawali perjalanan panjangnya dari Nusa Dua, Bali, dengan 67 pesepeda yang berasal dari berbagai latar belakang pekerjaan, asal, dan usia. Ada wirausahawan, desainer, arsitek, dokter, hingga pensiunan. 
Ada yang masih berumur 23, ada pula yang sudah berusia 62 tahun. Dari 67 peserta, lima di antaranya adalah perempuan.
Di tim Jelajah sepeda, mereka semua bekerja bersama mengayuh sepeda. Panasnya cuaca, kencangnya embusan angin, tanjakan, dan penyeberangan yang panjang menjadi tantangan terbesar Tim Jelajah Sepeda Kompas Bali-Komodo.
Perjalanan sepanjang 620 km melintasi lima pulau dalam tujuh hari sangat menguras tenaga dan menguji mental. Saat menyeberang dari Bali ke Lombok, peserta sudah menemukan satu tantangan, yakni lamanya penyeberangan.
Menjelang masuk Pelabuhan Lembar, Lombok, yang hanya berjarak 35 mil, mereka tertahan di kapal selama lima jam karena keterbatasan infrastruktur pelabuhan.
Pada hari berikutnya, mereka merasakan ganasnya alam Sumbawa. Di tengah padang savana, suhu udara pada siang hari mencapai 46 derajat celsius atau lebih tinggi dari suhu yang biasa mereka rasakan sehari-hari, 36-38 derajat celsius. Di tengah panasnya cuaca, pesepeda harus berjuang mengayuh sepeda melawan embusan angin kencang.
Berbeda dengan penjelajahan di Jawa dan Sumatera yang pernah dilakukan sebelumnya, angin adalah tantangan terberat para pesepeda. Padang savana terbuka yang kering dan hanya diisi dengan vegetasi perdu membuat angin tak terhalang. Laju kecepatan sepeda hanya sekitar 20 km per jam, lebih rendah dari rata-rata sebelumnya yang mencapai 23-25 km per jam.
Di etape ketiga inilah sebagian pesepeda mulai tercecer, dua di antaranya mengalami cedera dan harus dievakuasi.
Perbukitan menuju Dompu dan Bima adalah puncak dari tantangan jelajah sepeda. Mereka harus melawan iklim Sumbawa yang panas, embusan angin yang kencang, tanjakan sejauh 30 km, dan perjalanan sejauh 132 km dalam kondisi fisik yang sudah lelah. Sebagian peserta mulai kehilangan fokus, banyak yang mengeluh, ada pula yang sampai meneteskan air mata.
Namun, tantangan belum berakhir. Pada hari terakhir di Sumbawa, mereka masih harus menempuh jarak 56 km menuju Pelabuhan Sape yang penuh tanjakan dan turunan. Di pelabuhan Sape, mereka mengalami sendiri bagaimana buruknya infrastruktur menjadi pemicu keributan.
Para pengemudi protes karena sudah harus mengantre selama lima hari untuk bisa menyeberang ke Flores. Kapal regular yang tersedia hanya satu dan itupun hanya mampu mengangkut 5-9 truk besar, padahal jumlah truk yang mengantre saat itu ada 20-an truk. Kedatangan peserta jelajah pun akhirnya terlambat sekitar 3 jam dari jadwal yang ditentukan.
Gambaran Indonesia timur
Perjalanan berat bersepeda selama enam hari sedikit banyak memberi gambaran beragam kekayaan dan persoalan di Indonesia timur. Hanya di Sumbawa, peserta menemukan sisi lain keindahan Indonesia timur. Padang savana yang luas dengan ribuan ekor ternak berlarian bebas ke sana-kemari.
Laut yang jernih di sepanjang jalur bersepeda mereka. Tim jelajah juga menemukan keramahan warga yang tiada putus di sepanjang jalan. Di sepanjang perjalanan menuju Pulau Komodo, tim jelajah selalu disambut dengan lambaian tangan warga desa, sorakan semangat, dan kekaguman anak-anak yang terus berlari mencoba mengejar mereka dengan kaki telanjangnya.
Di Lombok, Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi ikut melepas tim jelajah sepeda dan memberi semangat kepada mereka. Begitu pula di Sumbawa, ratusan anggota komunitas sepeda ikut menghantar tim jelajah hingga ke perbatasan kota Sumbawa.
Saat sampai di Bima, tim jelajah disambut hangat oleh Wali Kota M Qurais Abidin dan ratusan anggota komunitas sepeda di sana. "Sambutan hangat seperti ini bisa mengobati rasa lelah yang sudah kami rasakan sepanjang jalan. Seolah kami adalah bagian dari perjalanan yang penting," kata anggota tim jelajah yang dilepas secara adat di Wawo, Bima.
Saat tiba di Labuan Bajo, mereka juga diterima secara adat. Keramahan warga seolah tiada putus sepanjang jalan. Namun, mereka juga menemukan sebuah persoalan besar yang tergambar dari perjalanan sepanjang Bali-Komodo.
Selain persoalan ketertinggalan infrastruktur dan sarana penyeberangan, terlihat pula betapa daerah timur sangat tertinggal dari sisi sumber daya manusia. Saat beristirahat di Desa Muer, Kecamatan Plampang, Sumbawa, mereka menemukan anak-anak yang belum bisa mengeja meski sudah masuk kelas III SD. Mereka juga hampir tak mengenali susu sebagai minuman mereka.
Minimnya pendidikan dan keterampilan serta tandusnya lahan juga membuat para warga di Pidang memilih menjadi tenaga kerja di luar negeri.
Dari sebuah penjelajahan sepeda, Kompas ingin melihat Indonesia lebih dekat, yang pada akhirnya bisa membuat perubahan yang berarti pada peradaban di dalamnya. 

Sumber : Kompas.com


Jumat, 21 September 2012

Kumpulan Puisi

Posted by Hari Pendidikan Nasional 2020 09.06, under | No comments

Kahlil Gibran

Kumpulan Puisi Patah Hati Kahlil Gibran

Kumpulan Puisi Patah Hati Kahlil Gibran

Kumpulan Puisi Patah Hati Kahlil Gibran - Puisi Patah Hati karya Kahlil Gibran - Kumpulan puisi patah hati kahlil gibran atau kumpulan puisi Terbaru kahlil gibran.

Puisi Kahlil Gibran merupakan Kumpulan Puisi yang sangat banyak di kagumi oleh para pencinta puisi di Indonesia bahkan di Dunia sastra. karya puisi Kahlil Gibran ini sangat memukau banyak pembacanya di seluruh di dunia tak heran bila buku buku karya Kahlil Gibran sangat laku di pasaran.

Puisi Patah Hati Kahlil Gibran

Berikut ini Puisi Kahlil Gibran Tentang Patah Hati :

Kenapa kita menutup mata ketika kita tidur?
ketika kita menangis?
ketika kita membayangkan?
Ini karena hal terindah di dunia TIDAK TERLIHAT...

Ada hal-hal yang tidak ingin kita lepaskan..
Ada orang-orang yang tidak ingin kita tinggalkan...
Tapi ingatlah...
melepaskan BUKAN akhir dari dunia..
melainkan awal suatu kehidupan baru..

Kebahagiaan ada untuk mereka yang menangis,
Mereka yang tersakiti,
mereka yang telah mencari...
dan mereka yang telah mencoba..
Karena MEREKALAH yang bisa menghargai
betapa pentingnya orang yang telah menyentuh kehidupan mereka...


CINTA YANG AGUNG

Adalah ketika kamu menitikkan air matadan MASIH peduli terhadapnya..
Adalah ketika dia tidak mempedulikanmu dan kamu MASIH menunggunya dengan setia..
Adalah ketika dia mulai mencintai orang lain
dan kamu MASIH bisa tersenyum sembari berkata 'Aku turut berbahagia untukmu'

Apabila cinta tidak berhasil...
BEBASKAN dirimu...
Biarkan hatimu kembali melebarkan sayapnya dan terbang ke alam bebas LAGI ..
Ingatlah...
bahwa kamu mungkin menemukan cinta dan kehilangannya..
tapi..
ketika cinta itu mati..
kamu TIDAK perlu mati bersamanya...
Orang terkuat BUKAN mereka yang selalu menang..
MELAINKAN mereka yang tetap tegar ketika mereka jatuh


Semoga dengan karya Puisi Patah Hati Kahlil Gibran singkat ini dapat menjadi suatu motivasi untuk meraih kembali cinta yang telah hilang dari benak anda.


Sumber : lintas.Me

Berbagi Foto Terlaris

Posted by Hari Pendidikan Nasional 2020 08.18, under | No comments




Inilah 10 Layanan Berbagi Foto Terlaris

             Bagi yang suka mengutak-atik foto tapi tidak ada aplikasinya, ada kabar baik untuk Anda. Disini akan dijelaskan beberapa aplikasi edit foto yang dapat digunakan secara gratis. Masing-masing aplikasi mempunyai keunggulan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Saya sudah mencoba beberapa aplikasi tersebut. Berikut adalah beberapa situs aplikasi edit foto tersebut:

1.Flickr (http://www.flickr.com).
Flickr - hampir pasti adalah aplikasi manajemen dan berbagi foto online yang terbaik di dunia
Flickr adalah rumah bagi lebih dari lima miliar foto di dunia ini. Flickr merupakan situs web untuk berbagi foto dan situs komunitas daring yang merupakan contoh dari aplikasi Web 2.0. Sebagai situs web yang populer untuk berbagi foto pribadi, layanan ini dimanfaatkan oleh banyak blogger sebagai tempat penyimpanan foto

2.Instagram (http://instagr.am).
Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan Polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4: 3 yang umum digunakan oleh kamera pada peralatan bergerak.
Instagram dapat digunakan di iPhone, iPad atau iPod Touch versi apapun dengan sistem operasi iOS 3.1.2 atau yang terbaru dan telepon kamera Android apapun dengan sistem operasi 2.2 (Froyo) atau yang terbaru. Aplikasi ini tersebar melalui Apple App Store dan Google Play.

3.Google Picasa (http://picasa.google.com).
Google Picasa adalah perangkat lunak aplikasi penyunting foto digital, pembuat sebenarnya adalah Idealab dan sekarang dimiliki oleh Google. Di bulan Juli tahun 2004, Google mengakuisisi Picasa dan menjadikan Picasa gratis untuk di download. Aplikasi ini berjalan di Windows XP, Windows Vista, Linux, dan Mac OS X yang dapat di download melalui Google Labs. Untuk Windows 98 dan Windows ME, hanya tersedia versi yang lebih tua.

4. Pinterest (http://www.pinterest.com).
Pinterest adalah pinboard-style situs foto berbagi sosial yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola koleksi gambar tema berbasis seperti acara-acara, minat, hobi, dan banyak lagi. Pengguna dapat menelusuri pinboards lain untuk inspirasi. Misi Pinterest adalah untuk menghubungkan semua orang di dunia melalui ‘hal’ yang mereka anggap menarik melalui platform global inspirasi dan berbagi ide. Pinterest memungkinkan penggunanya untuk berbagi ‘pin’ pada kedua Twitter dan Facebook, yang memungkinkan pengguna untuk berbagi dan berinteraksi dengan masyarakat luas.

5. Photobucket (http://www.photobucket.com).
Photobucket adalah situs web untuk Layanan hosting gambar, hosting video dan berbagi pakai foto. Situs ini diluncurkan pada tahun 2003 oleh Alex Welch dan Darren Crystal serta menerima pembiayaan dari Trinity Ventures. Situs ini kemudian diakuisisi oleh Fox Interactive Media pada tahun 2007.

6.TwitPic (http://www.twitpic.com).
Twitpic adalah sebuah situs web yang memungkinkan pengguna dengan mudah mengirimkan gambar ke layanan mikroblog dan media sosial Twitter. Twitpic sering digunakan oleh jurnalis masyarakat untuk mengunggah dan mendistribusikan gambar pada saat itu juga ketika suatu peristiwa sedang berlangsung.

7. 500px (http://www.500px.com).
500px adalah sebuah komunitas foto yang didukung oleh orang-orang kreatif di seluruh dunia yang memungkinkan Anda menemukan, berbagi, membeli atau menjual foto-foto inspirasi anda.
Versi pertama dari 500px terungkap pada hari-hari awal fotografi digital. Pada saat itu, semuanya sedikit berbeda - Internet masih sangat lambat, kamera 3,2 megapiksel adalah yang terbaik dan 500 piksel adalah ukuran yang baik untuk foto yang ditampilkan pada monitor CRT. Selama bertahun-tahun, platform 500px mengalami sejumlah revisi dan perubahan, tumbuh bersama dengan teknologi dan fotografer, dan menjaga fokus pada foto berkualitas tertinggi.

8. Fotki (http://www.fotki.com/).
Fotki adalah layanan hosting gambar dan video sharing yang mempunyai fasilitas:
a. Photo and video sharing, social networking
b. Photo products and photo prints
c. Professional photography
d. Photo business-to-business solutions

9. SmugMug (http://www.smugmug.com).
SmugMug adalah sebuah situs yang memungkinkan fotografer untuk menjual foto mereka dengan lebih mudah.
SmugMug adalah tempat yang tepat jika Anda ingin menyempurnakan kontrol atas foto yang Anda bagi via online. Anda dapat selektif menerbitkan SmugMug foto ke Facebook atau berbagi melalui email, serta memasang mereka di situs Web dan blog. Anda dapat melindungi foto Anda dari download dan membangun portofolio untuk menjualnya secara online. SmugMug juga selalu membackup file Anda sehingga Anda selalu dapat memulihkan mereka jika terjadi musibah.

10. Snapfish (http://www.snapfish.com).
Snapfish adalah layanan gratis dengan penyimpanan foto yang terbatas. Kegunaan situs ini adalah untuk mendukung bisnis percetakan online, sehingga Snapfish akan memberikan layanan untuk penyimpanan koleksi foto Anda hanya dengan syarat bahwa Anda kadang-kadang membeli sesuatu produk. Jika Anda tidak membuat cetakan, buku foto, atau hadiah foto setidaknya sekali setahun, dan foto Anda mungkin akan menghilang. Snapfish juga memiliki beberapa tool berbagi unik, seperti private room di mana Anda dapat chatting dan berbagi foto dengan teman dan keluarga pilih.

Sumber: Finderonly.com

Rabu, 19 September 2012

Tidur Berkualitas Bantu Turunkan Berat Badan

Posted by Hari Pendidikan Nasional 2020 11.21, under | No comments

SHUTTERSTOCK
 
Terlepas dari tujuan untuk kecantikan, sebenarnya tidur juga penting bagi kesehatan secara menyeluruh.


KOMPAS.com - Jika Anda sudah mencoba beragam cara untuk menurunkan berat badan namun tak juga berhasil maka cobalah saran berikut ini. Para ilmuwan menyarankan Anda untuk mengevaluasi kualitas tidur. Tidur malam yang berkualitas sama pentingnya dengan diet dan olahraga.

Peneliti dari  Eastern Ontario Research Institute dan Laval University di Kanada mengatakan, orang dewasa minimal harus tidur tujuh jam jika ingin meningkatkan peluang berat badannya turun. Menurut para peneliti, kurang tidur akan mendorong hormon dalam otak sehingga merangsang nafsu makan dan membuat porsi makan lebih banyak.

Dr.Jean Phillippe Chaput dan Dr.Angelo Tremblay, para peneliti yang  menulis dalam Medical Association Journal Kanada mengatakan, memang solusi untuk menurunkan berat badan tidak sesederhana dengan makan lebih sedikit, banyak gerak, dan tidur cukup. Namun, kebiasaan tidur tetap tidak boleh diabaikan. Tidur harus menjadi bagian gaya hidup sehat yang sebelumnya hanya berfokus pada diet dan aktivitas fisik.

Penelitian lainnya menemukan, orang yang berhasil mengubah kebiasaan tidur mereka dari 6 jam menjadi 7 - 8 jam berhasil menurunkan beratnya sebanyak 2,4 kilogram setelah enam tahun. Sementara, studi lain mengindikasikan orang yang tidur lima jam, dan yang lainnya tidur 8 jam selama dua minggu akan mengurangi kadar lemak.

Para peneliti menemukan, mereka yang kurang tidur akan mengalami efek pada otot-ototnya serta menyimpan lemak lebih banyak. Sementara, mereka yang tidur 8 jam sehari akan kehilangan lemak dari dalam tubuh sebesar 55 persen.

"Orang yang tidur pendek cenderung memilih makanan ringan yang manis. Lalu, akan mengudap makanan tersebut lebih sering daripada mereka yang tidur lebih banyak," ujar Georgina Heath, mahasiswa PhD di Universitas South Australia Centre.



Sumber : ninemsn

Terlalu Lama di Sekolah Membuat Anak Tidak Kritis

Posted by Hari Pendidikan Nasional 2020 10.59, under | No comments

KOMPAS 

 Siswa Berprestasi - Beberapa di antara 13 siswa berprestasi dari SMA Negeri Sragen Bilingual Boarding School yang berlokasi di Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah tengah berdiskusi dengan guru-guru mereka, Senin (17/9/2012). Ketiga belas siswa ini meraih medali, baik emas, perak, maupun perunggu dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2012 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Potensi mereka dibina secara intensif sejak awal duduk di bangku sekolah itu. 

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Retno Listiyarti menilai pemerintah keliru besar saat berencana menambah jam di sekolah. Menurutnya, kebijakan itu akan membuat siswa semakin tertekan.
"Wah jangan, menambah jam sekolah akan memberatkan siswa, stres," kata Retno kepada Kompas.com, Selasa (18/9/2012) malam.
Ia mencontohkan, siswa kelas 1 SMA misalnya, saat ini dibebani sekitar 17 mata pelajaran. Rata-rata, mereka berada di sekolah selama enam sampai tujuh jam, lima hari dalam seminggu. Atau siswa di Sekolah Dasar (SD). Meski lebih luang, tapi dinilai Retno juga cukup berlebih.
Hal itu terjadi karena ada beberapa materi pelajaran yang diberikan sebelum waktunya. "Harusnya dikurangi, bukan ditambah. Misalnya anak SD, mereka belum begitu perlu belajar teknologi informasi," ungkapnya.
Pernyataan Retno bukan tanpa alasan. Ia beranggapan setiap siswa harus diberi lebih banyak waktu untuk mengembangkan kompetensi sosial. Misalnya berorganisasi, mendorong mereka berlatih berbicara untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan.
"Kalau lama di sekolah, kapan waktu mereka bersosial, berorganisasi? Menambah waktu di sekolah akan membuat anak menjadi tidak kritis," pungkasnya.
Diberitakan sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh berencana menambah jam siswa di sekolah. Rencana itu akan dilebur seiring dengan kurikulum nasional yang diperbarui.
Mendikbud menilai, ada nilai sosial yang berubah, terlalu lama di luar sekolah membuat anak terpancing melakukan hal negatif.

Selasa, 18 September 2012

Simpang Siurnya Data Pokok Pendidikan...

Posted by Hari Pendidikan Nasional 2020 05.36, under | No comments

 Ilustrasi: data pokok pendidikan. 
 
JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam beberapa tahun ini, pemerintah banyak melakukan terobosan di dunia pendidikan. Akan tetapi, semua inisiatif dilaksanakan sebelum data pokok pendidikan (dapodik) tersaji dengan mantap.

Pada pelaksanaannya, tak sedikit masalah yang muncul. Faktor pemicu terbesar adalah ketidaksiapan lapangan karena para "jugador-nya" seperti tak memiliki bekal data yang valid dan akurat, baik di tingkat daerah, maupun pusat.

Dimulai dengan program beasiswa biaya pendidikan mahasiswa berprestasi, atau sering dipendekkan menjadi bidik misi. Santunan istimewa ini pertama kali diberikan kepada 20 ribu mahasiswa di tahun 2010. Berdasarkan catatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sampai triwulan pertama 2012, jumlah penerimanya telah mencapai 90 ribu mahasiswa.

Jumlah itu terus bertambah seiring dengan dimulainya tahun akademik baru. Karena rencana awalnya, plafon bidik misi di setiap tahun mencapai 20 ribu mahasiswa walau tak menutup kemungkinan ada penambahan di tengah perjalanan. Tentunya hanya untuk mereka para mahasiswa yang benar-benar miskin tapi mampu secara akademik untuk mengikuti perkuliahan.

Niat baik tentu perlu diapresiasi, akan tetapi ada hal serius yang perlu diperhatikan, yaitu kelemahan data sehingga memicu pemberian bidik misi yang salah sasaran. Mahasiswa yang mampu secara finansial juga ikut mendaftar sebagai calon penerima beasiswa tersebut. Realitanya, tak sedikit mahasiswa di perguruan tinggi negeri (PTN) yang tidak tergolong miskin akhirnya memperoleh beasiswa yang sejatinya bukan menjadi haknya.

Simpang siur


Kemendikbud selalu menjawab dengan dua hal untuk menampik lemahnya dapodik. Pertama, melemparkan masalah kepada daerah dengan alasan semua data berdasarkan pengolahan di daerah. Kedua, selalu berjanji akan terus memperkuat basis data baik dari segi jumlah siswa, jumlah guru, maupun kondisi sekolah di seluruh Indonesia. Diharapkan data tersebut dapat terinvetarisasi secara valid pada tahun 2012.

"Bukan salah sasaran, tetapi kita belum bisa menghimpun secara pasti, karena data yang kita gunakan data dari daerah. Ke depan kita akan miliki dapodik secara nasional," dikatakan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Pendidikan, Musliar Kasim beberapa waktu lalu.

Contoh lain adalah mengenai Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Tinggi. Data yang dimiliki Kemendikbud berbeda dengan data Badan Pusat Statistik (BPS), lain pula dengan data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Data Kemendikbud mengenai APK Dikti hanya 16 persen, sementara BPS dan Bappenas masing-masing melansir 18 persen dan 26,3 persen.

Belum lagi saat menggulirkan program Bantuan Siswa Miskin (BSM), sasaran penerimanya juga tidak jelas. BPS melansir ada 40 juta jumlah masyarakat miskin, sedangkan dalam catatan Kemendikbud jumlah siswa miskin mencapai 70 juta jiwa.

Lemahnya dapodik berimbas pada amburadulnya layanan yang diberikan. Ada sebuah lelucon yang mengatakan, pembangunan pendidikan nasional tak akan optimal selama hanya melihat dari kacamata Jawa.

Tengok saja pelaksanaan Ujian Nasional (UN), dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Semua ketentuan diberlakukan sama, mulai dari bobot soal sampai pada standar kelulusannya masih belum adil, khususnya buat mereka, para peserta didik di timur Indonesia.

Seperti diketahui, UN dan SNMPTN dilaksanakan serba sama secara nasional, begitupun standar kelulusannya. Tidak akan terlalu masalah bagi siswa di kota besar yang kualitas pendidikannya dapat dan mungkin bisa melebihi rata-rata nasional. Tetapi bagaimana dengan siswa di daerah? Mereka menjerit, tapi tak terdengar.

Perbaiki validitas

Dalam sebuah pertemuan bersama Komisi X DPR, Ketua Indonesia Menggugat, Iwan Pranoto menyampaikan kritiknya pada pelaksanaan UN. Baginya, UN menjadi tidak logis dan tidak manusiawi saat hasilnya dijadikan penentu kelulusan. Pasalnya asupan pendidikan yang diterima para siswa masih berbeda berdasarkan kemampuan daerahnya.

"Akhirnya timbul kecurangan, itu karena pendidikan disuguhkan dengan cara yang kuno," ungkapnya.

Anggota Komisi X DPR, Dedi Gumelar menjadi salah satu anggota dewan yang paling sering menyoroti kelemahan dapodik. Baginya, kendala pembangunan pendidikan secara nasional lebih dikarenakan tiga hal, yakni data, data, dan data.

Dalam catatannya, ada kevakuman memperbarui dapodik selama lebih dari lima tahun. Itu mengapa dirinya selalu ragu akan validitas dapodik saat ini.

"Iya dong, data itu penting. Supaya kita memiliki peta untuk menyusun kebijakan semua program dan postur anggaran yang berdasarkan pada riset," kata Dedi kepada Kompas.com, Jumat (14/9/2012) pagi.

Itulah sepenggal potret mengenai kelemahan data pokok pendidikan. Belum ditambah dari sisi data tenaga pendidik yang kisruhnya masih tercium hingga saat ini. Terakhir adalah pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) yang data pesertanya terbukti karut marut. Padahal, dapodik merupakan hal terpenting yang harus dimiliki pemerintah sebagai acuan dasar untuk melaksanakan semua programnya.
 
 
Sumber : Kompas.com

Kamis, 13 September 2012

Bagaimana tumbuhan bisa menyerap air dan mineral dari dalam tanah?

Posted by Hari Pendidikan Nasional 2020 22.59, under | No comments





            Tumbuhan mungkin makhluk tak berakal terbaik yang pernah diciptakan. Yang dibahas sekarang adalah bagaimana tumbuhan mampu menyerap air dan mineral dari dalam tanah hingga mencapai ketinggian ratusan meter? Wah, memang sulit dipercaya. Bagaimana tidak, itu sama saja melawan gravitasi. Bahkan dengan tekhnologi tercanggih saat ini memerlukan pompa yang canggih untuk melakukan hal seperti itu.

Tapi, bagaimana tumbuhan dapat melakukannya?

                Mudah saja bagi Tuhan untuk melakukannya. Tapi, bagi kita untuk memecahkannya saja sulit. Sampai saat ini, ilmuwan belum dapat memastikan secara pasti teori mengenai masalah ini. Ilmuwan hanya mampu mengajukan beberapa teori yang masuk akal mengenai hal ini. Salah satu teori yang paling terkenal adalah bahwa tumbuhan memanfaatkan perbedaan tekanan air di dalam dan di luar sel pengangkut (xilem). Jadi, tumbuhan harus terus menyesuaikan tekanan di dalam sel-sel xilemnya. Asal tahu saja, sel-sel xilem adalah sel mati. Xilem terdiri dari sel-sel pembuluh dan trakeid. Sel-sel itu seperti pori-pori yang saling terhubung yang memungkinkan air untuk melewatinya.

Dan bagaimana tumbuhan memanfaatkan perbedaan tekanan tersebut?

                Saat tekanan di luar sel tinggi, maka tumbuhan harus berusaha untuk mempertahankan tekanan di dalam selnya dengan tidak menguapkannya terlalu banyak, karena hal itu dapat menyebabkan air di luar sel masuk terlalu banyak dan yang nantinya dapat menyebabkan tumbuhan kelebihan air danmembusuk.Lalu,jika  tekanan di luar sel rendah, maka tumbuhan harus menyesuaikan tekanan di dalam selnya untul    lebih rendah agar air dari tumbuhan tidak keluar dari sel dan sebaliknya, air dari luar sel dapat masuk ke dalam sel. Dengan begitu, tumbuhan dapat mengambil air sebanyak-banyaknya.

Sumber : http://www.forumsains.com/index.php

Rabu, 12 September 2012

Ilmuwan Prediksi Potensi Kehidupan di Planet Lain

Posted by Hari Pendidikan Nasional 2020 12.24, under | No comments

(Foto: Telegraph)

LONDON - Ilmuwan memprediksi adanya kehidupan di banyak planet. Mereka meyakini bahwa bumi bukanlah satu-satunya planet yang dapat dihuni di alam semesta ini.

Dilansir Telegraph, Rabu (12/9/2012), ilmuwan mendesain model baru untuk menguji apakah planet dapat mendukung adanya kehidupan melalui pencarian bukti pada air bawah tanah. Ketimbang mencari air di permukaan, ilmuwan memilih untuk menggunakan alat-alat baru guna mengidentifikasi apakah mungkin terdapat air yang tetap mencair meskipun diterpa panas oleh inti bumi.

Pengembangan penelitian ini menandakan lebih banyak planet yang ditemukan, maka semakin tinggi pula tingkat kemungkinan para peneliti untuk menemukan kehidupan di planet tersebut.

Penelitian yang dilakukan British Science Festival di Aberdeen ini menantang teori "Goldilocks". Teori yang menyebutkan bahwa planet harus berada dalam jarak yang ditentukan dari matahari untuk mendukung kehidupan, sebelum air membeku atau menguap.

"Ini ide tentang berbagai jarak dari bintang, di mana permukaan sebuah planet yang menyerupai bumi tidaklah terlalu panas atau terlalu dingin bagi air untuk menjadi cair," tutur peneliti Sean McMahon dari Aberdeen University. Ia mengungkapkan, umumnya orang mengatakan jika planet berada dalam zona Goldilocks, lalu planet itu memiliki air pada permukaannya dan bisa menjadi planet yang dapat dihuni.

Penelitian baru ini bisa menjadi sebuah terobosan penting dalam membangun tanda-tanda kehidupan. Planet mampu menciptakan panas mereka sendiri ketimbang menerima panas dari matahari. (fmh)

Sumber  :  - Okezone



Cerpen Pertanyaan Suci "Apa Itu Cinta?"

Posted by Hari Pendidikan Nasional 2020 12.06, under | No comments

Ilustrasi (Gelar Agryano Soemantri/Okezone)
 SUCI pernah berkata, mengucapkan kata cinta itu mudah. Tapi, untuk mengerti apa artinya sangat sulit. Suci tak pernah menemukan arti kata cinta. Ia selalu bertanya apa itu cinta?

Mungkin cinta adalah seperti kaki kanan dan kaki kiri yang selalu berpasangan, tak pernah lelah untuk menopang tubuhnya? Atau mungkin cinta adalah seperti tubuhnya, apabila salah satunya terluka yang lain ikut merasakan?

Tangan terluka, maka mata ikut menangis. Selanjutnya mata mengeluarkan air, maka tangan ikut mengusapnya. Apakah cinta seperti itu?, selalu mengerti terhadap satu sama lain. Tapi itu tidak mungkin. Kalau cinta seperti itu, mengapa ada orang yang mengkhianati cinta, mendustakan cinta, bahkan memalsukan cinta.

Suci selalu mengeja huruf demi huruf dari kata cinta, untuk mengartikan apa itu cinta. Mungkin, setiap orang di dunia ini, memiliki arti kata cinta. “Ce. I. eN. Te. A. cinta,” itu katanya. Tak terhitung lagi ia mengucapkan kata itu. Namun, Suci tak juga memiliki arti kata cinta untuk dirinya sendiri. Memikirkan arti cinta saja hidupnya Suci sudah rumit. Apalagi ia harus berperan memainkan kata cinta. Tidak mungkin baginya untuk memainkan peran itu.
 
Suci memang sudah tumbuh dewasa. Tapi, ia tak pernah bercinta. Sahabatnya telah menemukan cintanya sendiri. Suci pernah bertanya kepada sahabatnya. “Sob, aku ingin bertanya kepadamu. Kalau kamu memang telah menemukan cintamu, apa itu cinta,” tanya Suci kepada sahabatnya.

Dengan santai sahabatnya menjawab, “Cinta, yah aku telah menemukannya. Namun, aku tak bisa mengartikan kata cinta itu sendiri. Sebagian cinta itu tumbuh dalam hati saya. Setelah saya menemukan pujaan hati, sebagian cinta saya itu, menyatu dengan cinta punjaan hati saya. Hingga cinta saya itu menjadi untuh,” jawab sahabat Suci dengan puitis.

Suci hanya mengeluh, mengapa begitu rumit sekali mengartikan kata cinta.
Semakin sering Suci mengucapkan kata cinta, semakin susah Suci mengartikan kata cinta. Kata cinta seperti misteri aneh di dalam hidup Suci, sulit dipecahkan. Harus ada seorang detektif untuk memecahkan misteri ini, detektif itu adalah dirinya sendiri. Sepertinya ada magnet yang selalu melekatkan Suci dengan kata cinta, susah baginya untuk melupakan kata cinta.

Di dalam hari-harinya, Suci selalu menghubungkan semuanya dengan cinta untuk menemukan arti kata cinta itu sendiri. Dari ia masih remaja hingga dewasa ia mencari dan mengartikan kata cinta, namun tak pernah ditemukannya. Pernah si pernah, tapi tak masuk dalam logikanya. Arti cinta seperti apa yang ia inginkan? ia pun tak tahu seperti apa. Yang penting baginya tercerna oleh akal sehatnya.

Setiap pagi Suci bangun dari tidur, ia tidak pernah lupa bertanya pada dirinya sendiri apa itu cinta?. Sudah beribu cara telah Suci lakukan untuk mengartikan kata cinta. Sudah tidak terhitung lagi berapa banyak, Suci mengucapakan kata cinta dan apa itu cinta. Sekarang kata cinta telah dimakan usia.

Waktu senja Suci telah menjemput dan hingga saat Suci menutup matanya kembali untuk yang terakhir. Sayangnya, Suci belum juga menemukan arti pertanyaan yang selalu bersamanya setiap hari, apa itu cinta? Kata cinta telah dibawanya pergi ke alam akhirat untuk selamanya. Semoga Suci menemukan arti kata cinta dan cinta sejatinya yang suci di surga, seperti namanya, Suci.

Penulis: M Hendizal

Minggu, 09 September 2012

Acara Siraman Dian Ratnasari

Posted by Hari Pendidikan Nasional 2020 11.26, under | No comments

Kamis, 06 September 2012

Posted by Hari Pendidikan Nasional 2020 17.12, under | No comments








         STATUS WASPADA, GUNUNG TANGKUBAN PARAHU SEMBURKAN GAS BERACUN
Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, memperketat pengawasan di sekitar Gunung Api Tangkuban Perahu. Sebab, gunung tersebut menyemburkan gas belerang dioksida (SO2) dari Kawah Ratu selama tujuh jam dan gempa vulkanik dangkal. Semburan gas beracun terjadi mulai pukul 21.30 WIB, Rabu (5/9), hingga 04.20 WIB, Kamis (6/9). Semburan itu merupakan tremor terpanjang sejak Badan Vulkanologi menetapkan status Waspada atas gunung tersebut.

         Petugas telah menutup sementara area gunung sejak Minggu malam (2/9) lalu. Spanduk dipasang di beberapa titik masuk. Pengawasan diperketat pada radius 1.5 km dari gunung. Selain itu, tim pemantau memasang kamera CCTV di tebing Kawah Ratu. hal tersebut dilakukan untuk mempermudah pemantauan secara visual. (KF-Vey//Metro/BPBD)

Senin, 03 September 2012

Kurikulum SD-SMA Dievaluasi

Posted by Hari Pendidikan Nasional 2020 22.54, under | No comments

Ilustrasi
JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedang mengevaluasi kurikulum pendidikan yang berlaku saat ini, yakni Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006. Evaluasi ini melibatkan tokoh pendidikan, tokoh agama, masyarakat, psikolog, dan sejumlah kalangan lain.

Evaluasi itu dilakukan, kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, karena banyak persoalan di masyarakat yang erat kaitannya dengan pendidikan. ”Misalnya, mengapa anak-anak sekolah sering tawuran? Apakah pendidikan karakternya kurang? Waktu senggangnya terlalu banyak? Atau faktor lain,” kata Nuh. Melalui evaluasi, nanti akan diketahui akar persoalan dan solusinya.

Begitupun dengan kemampuan bahasa Inggris di kalangan siswa yang umumnya masih kurang. Padahal, pelajaran Bahasa Inggris disampaikan setidaknya enam tahun pada jenjang SMP dan SMA, bahkan ada yang mulai sekolah dasar.

Dievaluasi pula jumlah mata pelajaran di sekolah yang dinilai terlalu banyak. Di SMA saja, jumlah pelajaran yang harus ditempuh siswa sekitar 17 mata pelajaran.

”Apakah perlu sebanyak itu? Lalu apa hasilnya bagi peningkatan kualitas siswa? Ini yang sedang dievaluasi,” kata Nuh.

Efektivitas pembelajaran

Evaluasi itu dilakukan, kata Nuh, untuk efektivitas pembelajaran. Karena itu, selain evaluasi, juga dilakukan uji coba dan perbandingan di sejumlah sekolah dengan mengubah jam belajar dari 23 jam per minggu menjadi 30 jam.

”Tapi jumlah mata pelajaran dikurangi atau dipadatkan dengan cara digabung,” kata Nuh yang didampingi Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Hamid Muhammad serta Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Syawal Gultom.

Secara keseluruhan, evaluasi kurikulum itu meliputi standar isi, proses, evaluasi, dan kompetensi.

Agar evaluasi bersifat independen dan hasilnya akurat, kata Nuh, berbagai profesi dan keahlian dilibatkan. Di sisi lain, Kemdikbud juga membentuk tim evaluasi sendiri. Hasil evaluasi kedua tim ini nantinya akan dipadukan untuk mencari solusi terbaik.

Jika nanti digunakan kurikulum baru, kurikulum itu juga bukan adaptasi dari kurikulum asing karena tidak akan selalu sesuai untuk kondisi di Indonesia. ”Dari kajian kami, sekolah yang full day cenderung lebih bagus hasilnya. Anak-anak jelas kegiatannya,” kata Nuh.

Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kemdikbud Hamid Muhammad mengatakan, karena evaluasi masih berlangsung, sampai saat ini belum ada keputusan tentang rencana penambahan jam belajar.

Meski demikian, uji coba menambah jam belajar siswa sudah dilakukan di sejumlah sekolah.

”Sedang dikaji kemungkinan jumlah mata pelajaran dikurangi atau digabung untuk mengurangi beban siswa,” kata Hamid.

Sumber :
Kompas Cetak

Minggu, 02 September 2012

Penelitian: AFP Oleh Yahoo! News | AFP – Jum, 31 Agu 2012

Posted by Hari Pendidikan Nasional 2020 10.20, under | No comments

Melelehnya Lapisan Es Abadi Lepaskan Jutaan Ton Karbon

  Pesisir Arktik Siberia yang sudah membeku selama puluhan ribu tahun kini melepaskan simpanan karbon ke udara. Penyebabnya adalah meningkatnya suhu dunia yang membuat pesisir tersebut meleleh. Demikian kesimpulan dari penelitian yang diterbitkan Rabu (30/8).

Karbon, sumber memanasnya Bumi, sudah terperangkap di sepanjang 7000 km pesisir timur laut Siberia sejak Zaman Es terakhir. Namun memanasnya atmosfer serta erosi pesisir mengoyak lapisan es dan melepaskan sekitar 40 juta ton karbon per tahun ke udara. Angka ini lebih tinggi 10 kali lipat dari yang sebelumnya diperkirakan, menurut penelitian di jurnal “Nature”.

Sekitar dua pertiga karbon tersebut lepas ke atmosfer sebagai karbondioksida dan sisanya terperangkap di sedimen lautan bagian atas.

Sekitar setengah total jumlah karbon dunia yang terperangkap dalam tanah tertahan di kawasan Arktik. Sementara, menurut penelitian yang dipimpin ole peneliti di Stockholm University, kawasan ini kini sedang mengalami penghangatan iklim dalam skala dua kali lipat lebih cepat dari rata-rata dunia.

Awal pekan ini, ilmuwan AS sudah mengatakan bahwa es laut di Samudra Arktik sudah meleleh sampai ke jumlah paling sedikit.

Kawasan yang diteliti di studi “Nature”, bernama Yedoma, berukuran dua kali Swedia namun sangat jarang diteliti karena saking sulitnya dijangkau.

Temuan ini menyoroti lingkaran setan dari isu perubahan iklim.

Penghangatan suhu bumi yang disebabkan oleh manusia dari pembakaran bahan bakar fosil kemudian melepas stok karbondioksida yang sudah tersimpan di lapisan es abadi sejak Zaman Es terakhir atau Pleistosen. Gas yang dilepas ke udara kemudian menambah dahsyat efek pemanasan global, sehingga menyebabkan lebih banyak karbon yang lepas ke udara, dan begitu terus selanjutnya.

"Kolaps dan erosi pesisir Pleistosen serta deposit dasar laut bisa mempercepat dampak menghangatnya iklim di Arktik," penelitian tersebut mengingatkan.

Kebocoran atmosfer di Yedoma jumlahnya sama dengan emisi tahunan lima juta mobil, dengan rata-rata buangan karbon lima ton per tahun dari kendaraan di Amerika Serikat.

Dalam studi terpisah yang juga muncul di Nature, peneliti di Inggris, Belanda, dan Amerika Serikat menggunakan model komputer untuk menghitung kemungkinan adanya 4 ton gas metana yang tersimpan di bawah lapisan es Antartika.

Gas metana menyimpan panas matahari 25 kali lebih banyak dari karbondioksida.

Sebelum beku, kawasan tersebut penuh dengan sisa jasad organik yang terperangkap dalam sedimen yang kemudian tertutup es.

Para peneliti ini menyatakan, "Model komputer kami menunjukkan bahwa dalam jutaan tahun, mikroba mungkin mengubah karbon menjadi gas metana," sehingga kemudian bisa mempercepat menghangatnya iklim jika lapisan es ini mencair.

Hancurnya lapisan es di Antartika dianggap sebagai skenario terburuk oleh para ahli iklim. Beberapa penelitian bahkan menyebut bahwa lapisan es ini malah semakin tebal karena adanya kenaikan hujan salju secara lokal.

Sabtu, 01 September 2012

Catatan pelaksanaan Sail Morotai 2012 Menuju Era Baru Ekonomi Regional Pasifik

Posted by Hari Pendidikan Nasional 2020 16.11, under | No comments

 
   Andi Iqbal Burhanuddin - detikNews

Menuju Era Baru Ekonomi Regional Pasifik 

Jakarta- Pulau Morotai yang sering disebut sebagai "Mutiara di Bibir Pasifik" dengan luas 695 mil persegi atau 1.800 km2 adalah sebuah pulau indah dengan potensi kelautan yang sangat besar untuk dikembangkan. Pulau yang terletak di Maluku Utara ini adalah pulau yang menjadi lapangan terbang bagi Jepang selama Perang Dunia (PD) II.

Pulau ini kemudian diambil alih oleh angkatan Amerika Serikat pada September 1944 dan digunakan sebagai pangkalan serangan Sekutu di Asia Pasifik yang dipimpin oleh Jenderal Douglas MacArthur dalam serangannya mengalahkan tentara Jepang.

Di pulau kecil ini yang selain memiliki keindahan alam yang sangat eksotis dengan nilai jual, juga memiliki nilai sejarah penting karena sebagai salah satu lokasi PD II digelar Sail Morotai 2012. Kegiatan ini merupakan rangkaian even bahari bertaraf Internasional yang dilakukan sejak tahun 2009 yaitu berturut-turut Sail Bunaken, Sail Banda, dan Wakatobi-Belitung.

Kegiatan kebaharian seperti ini adalah salah satu bentuk optimisme negara kepulauan terbesar dunia, dan sebagai isyarat Undang-undang No 17 Tahun 2007 bahwa Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) yakni Indonesia sampai dengan tahun 2025 menjadi suatu Negara kepulauan yang mandiri, maju, kuat dan berbasiskan kepentingan nasional.

Dengan mengangkat tema "Menuju Era Baru Ekonomi Regional Pasifik", Sail Morotai 2012 dilaksanakan dengan sasaran, yakni pengembangan pariwisata dan sejarah karena Morotai berperan penting sebagai batu loncatan pasukan sekutu untuk menaklukkan Jepang pada era 1940-an.

Selain dari itu, berbagai harapan diadakannya even ini tentu tidak hanya untuk menempatkan Morotai ke dalam peta destinasi pariwisata sejarah dunia tetapi lebih dari itu yakni memberikan wawasan atau cakrawala pandang tentang pentingnya menjaga laut kita.

Dan membangkitkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan lingkungan laut sebagai suatu kekuatan maritime, memupuk jiwa dan semangat bahari masyarakat Indonesia, dan tak kalah pentingnya adalah untuk meningkatkan pembangunan perekonomian nasional, khusunya penduduk Morotai sendiri.

Kegiatan utama event akbar international kemaritiman ini berupa reli kapal-kapal layar internasional yang secara resmi telah bertolak dari dermaga Cullen Bay, Darwin, Northern Territory, Australia, yang diikuti sekitar 132 kapal dari 22 negara peserta.

Tidak hanya berangkat dari Darwin tetapi juga datang dari Davao (Filipina) dan Kota Kinabalu (Malaysia). Secara keseluruhan, Sail Morotai diperkirakan akan menarik sekitar 5.000 pengunjung dari Australia, Amerika Serikat, Jepang, dan negara-negara lainnya.

Selain kegiatan utama, memperkenalkan keindahan dan kekayaan laut Indonesia kepada negara-negara peserta ini, pemerintah juga menggelar berbagai kegiatan seperti Bhakti Sosial dan Pelayanan Kesehatan Gratis, Kegiatan Bhakti Kesejahteraan Rakyat Nusantara, BUMN Peduli Morotai, seminar nasional dan internasional, Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari dan Kapal Pemuda Nusantara, Pameran Potensi Daerah, Olahraga Bahari.

Pada puncak acara Sail Morotai 2012 di dermaga Daruba Morotai, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (15 September 2012 mendatang) akan dihadiri presiden SBY juga nanti akan dihadiri oleh sedikitnya 100 veteran Perang Dunia II dari Jepang, Filipina, Selandia Baru, Belanda, Australia, dan Amerika Serikat.

Alat-alat perang berupa pesawat yang dipakai dalam masa PD II juga akan kita hadirkan pada waktu pelaksanaan Sail yang tentu menjadi nostalgia tersendiri bagi para veteran PD II tersebut .

Potensi Wisata Bahari

Karakteristik kekayaan dan keragaman hayati biodiversity laut Idonesia adalah terbesar dunia. Berbagai bentuk alam, struktur historic, dan kawasan berupa pulau-pulau kecil, perairan laut dengan ekosistem pantai, terumbu karang, lamun, dan biota-biota laut ditemukan di Indonesia.

Seiring dengan kenyataan bahwa masyarakat global sudah jenuh dan penat hidup dalam lingkungan buatan, salah satu indikasinya adalah adanya semboyan back to nature, yang banyak dianut bangsa-bangsa maju di dunia saat ini, maka pemanfaatan wisata laut dengan konsep dasar pada view, keunikan alam, karakteristik ekosistem, kekhasan karaktersitik masyarakat sebagai kekuatan dasar yang dimiliki oleh masing-masing daerah menjadi sebuah jalan keluar dan sekaligus menjadi surga bagi pengembangan industry wisata Bahari (marine tourism).

Pulau Morotai memiliki Potensi geopolitik dan geoekonomi yang dapat dikembangkan menjadi katalisator pembangunan, Khususnya bagi daerah Provinsi Maluku Utara sebagai pintu gerbang ke kompotisi poros Pasifik.

Harapan kita bersama agar kegiatan kebaharian ini dapat berkelanjutan maka produk pariwisata bahari yang ditampilkan harus harmonis dengan lingkungan lokal spesifik. Pengembangan wisata laut Indonesia lebih diarahkan dan dipacu guna menuju upaya pengembangan Ekowisata/Wisata Ramah Lingkungan yang justru berpola pada upaya pemanfaatan optimal yang sekaligus menyelamatkan lingkungan daya alam laut.

Jika dibandingkan dengan Negara tujuan wisata dunia seperti negara Maladewa, Malta dan beberapa negara di Kepulauan Karibia yang 85% pendapatan devisanya berasal dari kegiatan pariwisata

Indonesia memiliki jumlah pulau yang jauh lebih banyak, ditambah dengan sumber daya hayati pesisir dan lautan yang luar biasa seperti populasi ikan hias terbesar dunia, terumbu karang, padang lamun, hutan mangrove dan berbagai bentang alam pesisir atau coastal landscape yang unik dan menakjubkan, jelas merupakan daya tarik sangat besar bagi wisatawan.

Karenanya, pantas bila dijadikan sebagai objek wisata bahari yang bernilai strategis.

Adapun upaya yang harus dilakukan dalam membenahi strategi pengembangan wisata laut adalah peningkatan sarana dan prasarana, peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang pengembangan wisata laut, serta penyediaan sistem informasi pariwisata dan program promosi yang tepat.

Bila sektor industri wisata laut ini dikelola secara baik, diyakini dapat menjadi lokomotif penggerak ekonomi dan menambah pemasukan daerah, serta mengurangi pengrusakan secara langsung dari kegiatan eksploitasi.

Indonesia menuju Negara kepulauan yang mandiri, maju, kuat dan berbasiskan kepentingan nasional, dan sebagai negara kepulauan yang memiliki wilayah teritorial cukup luas tentunya mempunyai persolaan ancaman terhadap keberadaannya.
Pulau- pulau kecil terluar yang berbatasan dengan negara tetangga masih banyak yang belum memiliki nama, rentan akan timbulnya konflik antar negara tetangga yang saling mengakui kepemilikan.

Sekian banyak pulau-pulau kecil di negeri ini termasuk kedalam wilayah yang sangat terancam dengan isu perubahan iklim.

*Penulis adalah Dosen Ilmu Kelautan UNHAS




script type=”text/javascript” src=”http://pamungkaz.googlepages.com/snow.js”>